PLP day 36

PLP hari ini... saya ngajar kelas 1 SDLB Tunagrahita ringan.. Seharusnya ada 4 orang yang masuk, Iyan, Rizki, Alio yang super cerewet dan aktif, dan Dipa yang selalu tersenyum ramah. Tapi Alio dan Dipa tidak masuk entah kenapa. Namanya memang Dipa, bukan Diva, bukan Difa, tapi Dipa. Oleh guru pembimbing saya, supaya kelas lebih rame, ditambah 2 siswa dari kelas 5, yaitu ramlan dan Ivan, yang kemarin saya ajari tentang kesehatn, yang pembelajarannya saya sangat kecewa itu.
Jadi.. hari ini saya mengajari anak-anak tentang bangun datar dan tentang teknik cetak sederhana. Saya mengajari mereka bangun segitiga, persegi, persegi panjang dan lingkaran. Kemudian saya minta mereka mengelompokkannya kedalam kotak yang sudah saya siapkan. Mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya. Kemudia setelah itu, saya ajari mereka mencertak bangun datar itu ke kertas warna, mengugnting kertas warnanya, menempelkan kertas warna ke bangun datar, daaan terakhir.. membentuk semua bangun datar itu menjadi bentuk rumah

Anak-anak sibuk mengerjakan rumah warna-warni mereka masing-masing. Tapi mereka tampak senang. Yang di sisi kiri itu Ramlan dan Ivan dari kelas 5, dan yang disebelah kanan adalah iyan dan Rizki. Walaupun Iyan lebih cepat belajar, tapi ternyata motorik Rizki lebih baik.

ini Iyan yang memutuskan untuk menambah matahari dan awan pada gambarnya,
tidak lama setelah itu ia menggambar hujan, banjir, mobil..
terakhir ia gambar bulan..
Iyan yang penurut itu ngotot harus ada gambar bulan di gambarnya
walaupun sudah ada matahari.


Ini Rizki yang sama sekali tidak mau menambah apa-apa digambarnya,
dan memutuskan untuk memajang hasil karya nya di kamar mandi

Ini Ivan yang selalu saya panggil Iyan entah mengapa.
Ia menambahkan gambar pohom, orang, mobil dan kapal.. hehe
Hasil Karya Ivan adalah yang paling rapih

Ini Ramlan,
Ia menambahkan gambar Bulan,
mengakibatkan Iyan mau ikut-ikutan,
kemudian menambahkan gambar orang.
Hasil karyanya adalah karya yang paling saya sukai

dan ini mereka semua.. yang sangat tegang karena mau difoto, Lihat gambar Iyan akhirnya sangat ramai. Lihat juga bagaimana sekat-sekat kelas mereka. Lihat ada kursi di sebelah kiri? itu kelas 5 Sd, lihat kursi di sebelah kanan? itu kelas 1 sd.. tanpa penyekat. Weleh weleh..

Saya cukup puas dengan pengajaran hari ini. Saya senang dan anak-anak pun tampak senang. Setelah mengajar saya dan teman-teman melanjutkan membuat asesmen pre akademik. Kami selesai membuat asesmen pre akademik berhitung, tinggal membaca dan menulis, kemudian membuat medianya. Huaahh...

oh ya, Ramdan yang kemarin dijahit itu.. ternyata tidak masuk hari ini. Semoga Ramdan masuk besok, karena saya sudah kangen..:p

0 Response to "PLP day 36"

Post a Comment