PLP day 33 + 34

Saya jadi sering menuliskan kegiatan 2 hari - 2 hari gini.. padahal saya lagi tidak terlalu sibuk.. Saya sudah menyiapkan RPP untuk 2 hari kedepan. Saya memang sedang sering mengajar karena banyak kelas yang gurunya,harus mengawas.. tapi RPP nya sudah saya siapkan.

Hari senin kemarin saya mengajar kelas 1 dan 2 SMP tunagrahita sedang. Kelasnya berisi 9 orang. Saya sudah pernah mengajar disana sebelumnya. Tapi waktu itu saya mengajar olahraga. Dan kemarin saya mengajarkan tentang pola makan sehat. Saya cukup puas dengan pembelajaran hari itu, tapi saya masih belum bisa mengatur waktu. Saya masih mengajar terlalu cepat. Ketika saya selesai mengajar, waktu masih tersisa. Sebenarnya saya merasa hal itu tidak apa-apa selama anak-anak mengeti materi yang saya sampaikan. Malah saya seharusnya bahagia karena anak-anak cepat mengerti dan saya bisa lanjut ke materi selanjutnya. Tapi kalau ada guru pembimbing, saya pasti ditegur.


ini foto anak-anak kelas 1-2 SMP itu.
ki-ka Atas: Astri yang suka membasahi mejanya dan mengelapnya,
Lani yang keibuan tapi juga kekanak-kanakan,
Anita yang sangat suka olahraga dan sangat rajin membantu ibunya,
Alin yang jago joget dan suka sekali nyanyi.
ki-ka Bawah: Ibnu yang selalu ketawa dna sangat baik hati,
Gery yang sering ngambek dan sering bilang "bae weee [bodo amat..]
dan fajar yang selalu minta izin.

Hari ini saya mengisi kelas 4-5 SD tunagrahita ringan. Hanya 2 siswa yang masuk. Saya sama sekali tidak puas, bahkan kecewa dengan pembelajaran hari ini. Karena apa yang saya rencanakan ternyata tidak terlaksana. Saya mengajarkan tentang kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan. Rencana saya, setelah saya menjelaskan, anak-anak bergantian menjelaskan, kemudian mereka cerita tentang pengalaman mereka ketika mereka sakit atau cerita mereka tentang lingkungan sekitar rumah mereka. Tapi yang terjadi adalah, mereka tidak pernah sakit, dan cerita mereka tentang lingkungan sekitar adalah: "rumahku lingkungannya biasa aja" kurang lebih seperti itu. 5 kata. Akhirnya saya cepat-cepat ke perpustakaan, mengambil buku dan menyuruh mereka membaca teks tentang penyakit diare dan dbd yang ada disana. Kemudian PLAN B saya adalah mereka mendiskusikan hasl teks. Tapi ternyata mereka diam saja.. uhh... ya sudahlah akhirnya saya suruh mereka menuliskan pengalaman mengunjungi oang sakit siapapun itu. Pertamanya mereka diam saja tapi kemudian mereka menulis juga, dan ternyata yang mereka tuliskan adalah pengalaman mereka sendiri.. HUUUHH... Saya ketawa-ketawa aja jadinya di kelas, gemes sama mereka..
Kemudian pukul 9.00 seperti kegiatan selasa lainnya, kami ekstrakuikuler kesenian. Kesenian hari ini menyambungkan gambar dots to dots dan mewarnainya.

baru mulai ekskul keseniannya..


Gery, Fajar dan Bu Herra

Bambang yang selalu bilang, Saya Bambang, ketua DKM SMA 23.. hehehe... walaupun tunagrahita, walaupun kadnag nggak nyambung kalau diajak ngobrol, tapi Bambang selalu uptodate dengan berita politik dan pengetahuannya tentang dunia politik sangat oke..


Yaya... yang selalu bertanya "kamana wey.. kamana??" dan selalu itu yang ia ucapkan setiap bertemu kami..ia memanggil saya tipah... ia menganggap semua yang berjilbab itu cantik.. Yaya saat ini sedang UAN SMA.. Yaya tidak pernah memanggil Bu Guru/Pak guru.. selalu hanya memanggil namanya.. Bisa dibilang Yaya adalah salah satu murid yang paling akan saya ingat

This is Reggy!! Reggy yang selalu mencolek-colek..
Reggy yang pastinya pernah saya ceritakan.. selalu mentowal towel pipi orang..
Selalu ingin menunjukkan sesuatu.. Reggy yang pertamanya saya pikir perempuan tapi kayak laki-laki.. padahal sebenarnya dia laki-laki tapi dipanjangkan rambutnya.
Rambutnya sepertinya sengaja dipanjangkan karena tempurung kepalanya yang empuk. Reggy juga salah satu murid yang pasti akan saya ingat..

yang kerudung merah itu bu Afifa..hehehe... Suasana ekskul kesenian..


Ini HALO yang muncul siang ini... baguuuuuuus!
dan membuat anak-anak seeeeeemua-muanya rebutan menarik tangan kami untuk mengajak melihat HALO bersama-sama.
Pelangi bunder kata mereka..

Banyak ya blog nya hari ini... alhamdulillah menuliskan blog ini membuat rasa kecewa saya terhadap pengajaran hari ini sangat jauh berkurang.. Ini saya masukkan video YAYA dan KAMANA nya.. hehehe.. tapi maaf kebalik videonya,,, saya nggak bisa muter nya..


besok kami akan jalan-jalan lagi.. kali ini 5 kelas yang kemarin tidak ikut. Besok anak-anak yang ikut sudah lebih dewasa dibandingkan yang kemarin.

0 Response to "PLP day 33 + 34"

Post a Comment