PLP day 18

Hari ini, saya mengajar di kelas 3 SMP tunagrahita sedang. Pelajaran yang saya berikan hari ini adalah pelajaran IPA dan Bina Diri. Tentang listrik (alat-alat listrik, guna listrik dan perubahan bentuk listrik) dan cara membuat minuman (jus strawberi).
Siswa kelas 3 di SLB tempt saya PPL ada 4 orang. Tetapi yang sering masuk hanya 2 orang. Hari ini pun sebenarnya hanya 2 orang yang masukl tapi demi meramaikan suasana kelas, guru pembimbing menarik dua orang anak dari kelas 2. Jadi siswa yang ikut pelajaran saya ada 2 orang.

Alokasi waktu pengajaran saya adalah 2 x 35 menit. Dan alhamdulillah saya berhasil menyampaikan semua materi dalam 35 menit. 20 menit pertama saya gunakan untuk berdoa, pre test dan menjelaskan dengan singkat tentang kelistrikan. Saya membawakan blender dan setrika sebagai contoh alat listrik dan juga sebagai alat untuk mendemonstrasikan perubahan bentuk energi listrik. Semua anak mencoba menggunakannya.
20 menit selanjutnya saya gunakan untuk demonstrasi pembuatan jus strawberi. Pembuatan jus strawberi ini mendukung pelajaran sebelumnya tentang perubahan energi listrik.
Selama pembuatan jus strawberi, saya hanya mengarahkan, anak-anak yang melakukan semua prosesnya. dan dikarenakan jumlah blender yang terbatas, saya meminta anak-anak untuk secara bergantian menggunakannya. Caranya adalah siapa yang dapat menjawab pertanyaan tentang listrik, boleh menggunakan blender terlebih dahulu.
Saya menyesal sekali karena strawberri yang saya bawa terlalu sedikit. Saya pikir jumlah siswanya hanya akan ada 2 atau 3 orang. Tapi ternyata bertambah 2 orang lagi sehingga pada akhirnya masing-masing anak hanya mendapatkan setengah gelas saja.

Setelah meminum strawberri saya meminta anak-anak membereskan peralatan dan kembali ke kelas. Di kelas saya langsung membimbing anak-anak untuk menyimpulkan pelajaran dan mengadakan evaluasi.
Saya bahagia sekali karena pengajaran hari ini berhasil, mereka semua mendapatkan nilai yang baik.

Kata pembimbing saya, pengaturan waktu dan cara berbicara saya sudah baik. Tidak lagi terlalu cepat. Hanya saja saya harus lebih banyak merangsang anak-anak itu untuk bicara. Karena memang siswa hari ini cenderung hipoaktif.

Setelah mengajar saya langung meminta tugas untuk mengajar hari kamis. SULIT! saya diberikan 5 pelajaran yang tidak terlalu nyambung untuk dijadikan 1 tema. Banyak sekal indikator pengajaran yang harus disampaikan. Huah.. semoga saja saya bisa menyampaikannya. Kelas mengajar berikutnya adalah kelas 1 SMA tunagrahita ringan.

Besok adalah hari ekstrakulikuler keterampilan, saya dan teman-teman akan mengajarkan lagu Ibu Kita Kartini. Rencananya semua ekstrakulikuler akan kami fokuskan untuk pentas pada hari kartini dan pentas tutup tahun.

PS, kemarin akhirnya saya menerima kenyataan bahwa saya harus melatih anak-anak itu untuk berolahraga, dan untuk pertama kalinya saya membeli kostum olahraga yang baik. Hehehe...

0 Response to "PLP day 18"

Post a Comment