PLP day 28

hari ini praktek mengajar mandiri.. Praktek mengajar mandiri adalah kesempatan untuk mempaktekkan pembelajaran di kelas tanpa didampingi guru pembimbing. Selaama PPL kita diwajibkan melakukan praktek mandiri sebanyak 10x, dan terbimbing 16x. Saya sudah melakukan terbimbing 5x. dan hari ini prakte mandiri yang pertama.
Saya merasa cukup puas.

Hari ini saya mengajar di kelas 3 SMP tunagrahita ringan. Kelas yang sebelumnya pernah saya masuki dan saya merasa sangat tidak puas itu.
Tapi hari ini saya puas.

Hari ini saya mengajak mereka mengamati kebersihan lingkungan sekitar dan juga mengamati ciri-ciri khusus hewan ayam dan kucing. Jadi... sambil jalan-jalan mencari ayam dan kucing kami juga mengamati lingkungan. Mereka sudah saya bekali masing-masing 1 buah catatan kecil. Sambil berjalan mereka mencatat sana sini. Sampai di kelas kami mendiskusikan hasil pengamatan dan merumuskannya menjadi catatan singkat tentang lingkungan. Kebersihannya, cara perawatannya, dan akibat dari lingkungan yang kotor.
Setelah itu, saya mengadakan evaluasi dan semua anak menjawab dengan sempurna. HORAY! memang pengajaran yang paling baik adalah jika anak sendiri yang mengucapkannya. Mereka akan ingat.

Alhamdulillah...

setelah mengajar, saya dan teman-teman mengurus bku-buku perpustakaan lagi. Hufh.. sayang sekali buku-buku yang bagus yang tidak pernah terpakai oleh anak-anak...

0 Response to "PLP day 28"

Post a Comment