PLP day 30+31

aih! satu bulaaan!! seharusnya sudah lebih tapi saya beberapa kali membolos..
Kemarin saya tidak menulis?
DAY 30
Well.. kemarin.. saya mengajar siswa kelas 1 dan 2 smp yang bergabung dalam 1 kelas. 9 orang! Itu adalah jumlah yang terlalu banyak untuk standar kelas di SLB. tapi tidak apa-apa karena diantara 9 oang terebut semuana anak yang baik dan ramah dan tidak suka menggoda kecuali 1 orang. Saya mengajarkan tentang latihan kekuatan otot tangan dan kaki. Siapapun yang mengenal saya pasti menertawakan kalau tahu saya mengajar pelajaran olahraga. Ketika sekolah dulu, saya adalah tipe anak yang ketika olahraga hanya duduk-duduk dipinggir lapangan berharap tidak disadari keberadaannya sehingga tidak harus melakukan kegiatan apapun di lapangan. Saya sama sekali tidak suka olahraga yang dilakukan secara bersama-sama dan memiliki aturan-aturan. Makanya kalau pelajarannya lari atau jalan cepat, saya akan berada di barisan paling depan.
Kemarin saya mengajarkan 6 gerakan saja. Barbel ke atas, barbel ke samping, gerakan meremas *kalau memmang itu namanya, sungguhlah tidak enak diucapkan*, gerakan melompat di tempat, melompat sampai sasaran tertentu dan naik-turun kursi.
Semuanya cukup simpel.. tujuan pembelajarannya adalah supaya anak-anak tahu bahwa gerakan-gerakan tersebut berguna untuk melatih kekuatan otot tangan dan kaki. Ah, tidak terlalu penting untuk diketahui sebenarnya. Tapi biarlah, saya adalah mahasiswa PLP yang harus nurut karena masih bodoh katanya.
Hasil pembelajaran, mereka tahu nama-nama gerakan itu dan tahu mana yang berguna untuk melatih tangan, mana yang untuk melatih kaki.
Pembelajaran selesai tepat pada waktunya. 70 menit. Kemudian saya main badminton bersama anak-anak sampai istirahat 1 jam kemudian.

DAY 31
Hari ini saya mengajar kelas 2 SMP tunagrahita ringan. Saya mengajarkan tentang Adab makan dan minum yang baik, dan sistem pencernaan manusia. Saya merasa pembelajaran cukup lancar dan cukup tepat waktu. Kegiatan hari ini adalah... Makan nasi kuning bersama!! hehehe... pembelajaran adab makan dan minum langsung saya ajarkan dengan praktek, karena itu lebih efektif dan tentu saja anak-anak lebih senang. Kelas berisi 4 orang, 3 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Semuanya pemalu jadi saya agak kesulitan membuat suasana kelas yang menyenangkan. karena saya juga pendiam.. dan saya tidak bisa bahasa sundaaa padahal mereka semua berbahasa sunda... huhu... baiklah tidak apa-apa. saya tahu mereka sebenarnya cerewet tapi tidak mau bicara ketika di kelas. Saya pikir mungkin guru kelas mereka galak. Biarlah.. Yang penting ketika pembelajaran saya, mereka tidak aneh-aneh sehingga kondisi kelas tetap terkontrol.
Setelah seleesai makan, saya mengadakan evaluasi tentang sistem pencernaan. Dari 4 orang tersebut yang kelihatan masih sangat bingung hanya 1 orang. Hal ini dikarenakan oleh ia tidak bisa membacaa... padahal teman-temannya sudah sangat lancar membaca. Jadi kemudian saya minta ia untuk maju dan saya membimbingnya secara individual. Hasilnya lumayan lah.
Setelah itu.. karena saya diminta melanjutkan pembelajaran selama 1 jam lagi, saya isi 1 jam tersebut dengan mengadakan lomba cerdas cermat. Awalnya pertanyaan yang saya berikan hanya pertanyaan sekitar pencernaan manusia, adab makan dan minum, dan makanan khas pulau jawa. Tapi karena saya lihat mereka sudah sangat hapal dengan jawabannya, saya mengganti dengan soal matematika. Suasana kelas kemudian semakin ramai dan alhamdulillah menyenangkan... :)

Selesai mengajar, sesuai dengan jadwal hari jumat, saya dan teman-teman mengelola perpustakaan. Hari ini semua buku selesai diberi kode dan tinggal 10 buku yang belum di sampul.

Besok saya mengajar kelas 1-2 SMP lagi, yang 9 orang itu... saya akan mengajar tentang Pola Makan yang Sehat. Saya membawakan sesuatu yang baru ke mereka. PIRAMIDA MAKANAN SEHAT. Ini adalah percobaan saya.. mengganti kebiasaan mengajarkan makan sehat dengan 4 sehat 5 sempurna yang sebenarnya sangat kuno. We'll see.. semoga anak-anak bisa mencerna pembelajaran dengan baik.. wish me luck!

0 Response to "PLP day 30+31"

Post a Comment