PLP day 26 and 27

did i not write about PLP yesterday?
okay.. hari ini saya akan menulis untuk dua hari...

kemarin...
Seperti biasa olahraga.. dan sayang skali saya lupa tidak membawa kamera saya. Hiks.. sedih sekali, tapi saya merekam beberapa aktifitas lewat ponsel teman saya, saya juga menyempatkan memotret beberapa kegiatan. *hiks.. sedihnya karena kamera hp saya tdak lagi berfungsi jadi saya tidak bisa mandiri*.. jadi.. besok saya akan mentransfer foto dan video yang kami rekam dan menguploadnya kesini.
Kemarin kegiatan olahraga seperti biasa, tapi saya dan teman-teman mulai hafal gerakannya jadi bisa lebih enak mengikuti... anak-anak entah mengapa sulit dikondisikan kemarin.

Setalah SKJ,kegiatannya adalah ekstrakulikuler olahraga. Saya dan teman-teman mengajak anak-anak bermain engklek. Mereka lumayan terhibur. Tapi permainan hanya berlangung sebentar. Saya juga tiak mnegerti kenapa. Yang sangat terasa adalah lelah..
Setelah itu saya dan teman saya mengisi kelas yang tidak ada gurunya. 4 siswa 2 guru, kelas 4 sdlb tunagrahita ringan. Kami bingung harus mengisi dengan apa, jadi akhirnya anak-anak kami ajarkan menggambar rumah rumah dan pekarangannya.
Setelah itu.. ya sudah.. saya bimbingan RPP dengan guru pembimbing.. kemudian pulang. Nothing special happen..

HARI INI...
Saya praktek mengajar terbimbing yang ke 5 di kelas 2 SMP tunagrahita sedang. 6 siswa: 4 laki-laki dan 2 perempuan. Saya mengajarkan tentang rambu-rambu lalu lintas. Saya membuatkan poster berisi gambar beberapa rambu lalu lintas, kemudian saya mengajak mereka memasang tanda "pertigaan" dan "perempatan" di jalanan dekat sekolah. Kemduian saya minta mereka untuk membuat miniatur rambu-rambu lalu lintas. Keadaan kelas cukup terkontrol, pengajaran tersampaikan. Menurut guru pembimbing saya, saya tidak lagi terlalu cepat ketika berbicara. Komentarnya hari ini adalah: "afifa, pengaturan waktu kamu sekarang sudah lebih baik, cuma dalam pembuatan RPP kamu mash harus hati-hati. Ide-ide pengajaran kamu itu fresh dan bagus, jadi harus dimasukkan ke dalam dalam tatanan yang bagus juga... kalimat dan kata-kata yang sesuai dengan tuntutan RPP. Kalau masih mahasiswa harus ideal RPP nya.."
baiklah bu.. saya akan coba untuk lebih baik lagi mengerjakan RPP walaupun saya tidak pernah suka sama ayang namanya RPP. Hehehe... saya lebih suka menyebutnya Skenario Pembelajaran. Skenario itu bisa lebih fleksibel dibandingkan RPP. Dan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus seharusnya sangat fleksibel.
Tapi saya senang hari ini.
Hari ini adalaha hari terkahir mengajar terbimbing di bulan maret. Jadwal mengajar terbimbing selanjutnya adalah awal april. Dari tanggal 15 maret - 3 april adalah pelaksanaan ujian untuk anak-anak. Dan selama tanggal itu saya dan teman-teman akan melakukan Pengajaran Mandiri. Pengajaran Mandiri harus dilakukan sebanyak 10x. Pengajaran Mandiri ini, kita tidak lagi diawasi oleh guru pembimbing, kita hanya menyerahkan RPP saja ke dosen pembimbing dan koordinator mahasiswa PLP.

Okey then...
besok saya akan melaksanakan praktek mandiri saya yang pertama.. di kelas 3 smp tunagrahita ringan, saya mengajarkan tentang lingkungan.. wish me luck!

0 Response to "PLP day 26 and 27"

Post a Comment