plp day 45

Hari ini, saya mengajar tentang mata uang. Lumayan seru sih.. cuma ya gitu... saya mengajarkan tentang uang logam 100,200,500 dan 1000. Padahal yang sekarang masih sering di gunakan hanya uang logam 500. Anak-anak itu paling hapal uang 500. Note: mereka belum hafal angka makanya tidak terlalu bisa ketika ditanya mana yang 100,200,500 atau seribu. Jadi saya mengajarkan dengan bentuk dan gambarnya.
Hasil akhir pelajaran, selain uang 500 rata-rata mereka jadi tahu uang 200 dan 1000 karena gambar nya jelas.
Ah, saya tidak suka.
Tapi pembelajaran hari ini sukses. Tapi saya tidak suka.

Kemudian ada salah satu dosen yang datang hari ini ke SLB tempat PLP kami. Ia kemudian bicara panjang lebar tentang filosofi inklusi dan sekolah inklusi yang selama ini salah kaprah. Memang sih sekolah inklusi yang ada saat ini, dimanapun itu, belum ideal seperti sekolah inklusi yang seharusnya. Tapi setidaknya tidak seburuk yang ia katakan, saya sangat yakin ia belum pernah ke sekolah-sekolah yang pernah saya kunjungi, yang sangat ramah dan membuat belajar menjadi menyenangkan.
Ah pokoknya saya sebel sekali sama dosen itu... kuno sekali.. maaf2x kalau saya katakan ia close minded dan kurang cerdas.
saya bukannya merasa lebih pintar daripada dia, tapi saya tahu pengetahuan saya dalam hal ini lebih baik daripada dia saya sangaaat yakin ia belum pernah ke sekolah-sekolah yang pernah saya kunjungi itu.

ia menolak inklusi. itu salah.

Saya mendukung sekolah inklusi, tapi saya juga tidak kemudian mengatakan SLB itu jelek. Saya setuju anak-anak tertentu akan lebih baik sekolah di SLB karena mungkin ia akan merasa minder di sekolah reguler.

oh iya, tadi si dosen katakn gini: "Soalnya setting guru-guru umum itu udah untuk klasikal jadi nggak bisa kalo disuruh inklusi. kalo di slb kan individual itu lebih baik untuk anak"
hahaha.. padahal di slb juga klasikal, atau paling tidak, tidak individual. malah di sekolah inklusi lebih individu karena mereka punya pembimbing khusus dan layanan khusus.


0 Response to "plp day 45"

Post a Comment