plp day 58

hari ini ngajar kelas 3 SMALB Tunagrahita sedang.. kelasnya YAYA... mereka tidak mau libur, maunya sekolah terus.. hehehe..
hari ini saya mengajarkan mereka membuat gelang.. walaupun mereka laki-laki.. tapi ya gpp.. intinya kan meroncenya.. :p
Selama membuat gelang YAYA terus-terusan bilang gelang itu untuk MIA. Mia adalah anak kelas 2 SD yang disukai YAYA, selalu diikuti dan dicaro-cari padahal si MIA takut sama YAYA. Mia adalah anak kelas 2 SDLB Tunarungu.

lumayan puas mengajarnya..
hanya saja.. ada satu siswa, si IKI, yang pintar tapi tidak bisa bicara, yang badannya sangat besar... dia cepat sekali meronce nya... ketika teman-temannya bar memasukkan 5 manik-manik, IKI sudah selesai.. dan ternyata dia adalah tipe yang tidak bisa diam. Harus selalu bekerja. IKI selalu keluar kelas, saya mengajaknya masuk kembali dengan susah payah, ia duduk di kursinya, saya kembali membantu Yaya meronce, IKI keluar lagi.
Kemudian diluar ia menggedor pintu kelas temannya. Itu ia lakukan beberapa kali karena saya tidak bisa selalu fokus kepada IKI... dan ketika saya mengajaknya masuk kelas untuk yang ke 5 kalinya, guru kelas yang ia gedor pintunya itu mencubit iki sangat keras.

saya mau nangis lihatnya..

saya panggil guru kelasnya... saya tanyakan apa yang harus saya lakukan.. ia katakan untuk memberi iki tugas yang sangat banyak. Menyalin teks saja. Sebenarnya saya tidak suka melakukan itu.. tapi ya gimana lagi...
sementara iki menyalin teks, saya membuatkan soal matematika kira-kira 20... untuk dikerjakan setelah itu..

huaaah..

Tapi hasil meronce siswa-siswa bagus..

muridnya bukan cuma yaya dan iki lho, ada lagi Penky.. tidak jelas juga kalau bicara.. dan dibalik tubuhnya yang besar, penky selalu menangis kalau ingat adik nya. Kemudian kalau diberi tugas, dan tugasnya sudah selesai.. ia selalu menangis sambil bilang.. "alhamdulillaaah.. tugas pengky sudah selesaaaii.. amiin... amiiinn..."
dan saya baru tahu kalau ternyata agama penky bukan islam. Tapi ia selalu ikut berdoa dan mengatakan alhamdulillah.. hehehe.. mungkin mengikuti teman-temannya...

besok Memasak!!


0 Response to "plp day 58"

Post a Comment