PLP day 17

sabtu kemarin, di SLB saya tidak ada kerjaan. Begitulah suasana SLB hari sabtu, terutama jika jumat/senin nya tanggal merah. Siswa-siswi yang hadir kurang lebih hanya 10 persen.
Tapi walau begitu saya tetap mengerjakan tugas-tugas hari sabtu.
Latihan pramuka dan latihan upacara. Pada saat latihan pramuka yang kami lakukan hanyalah latihan-latihan dasar seperti baris-berbaris, balik kanan grak haadap kanan grak bla-bla-bla. kira-kira hanya ada 8 orang yang ikut latihan, 3 orang menonton, sisanya yang hanya segelintir memilih di kelas, belajar.
Latihan pramuka cukup menyenangkan. Anak-anak juga tampak senang.

Ketika latihan upacara semua siswa yang hadir hari itu ikut berlatih. Suasananya super lucu karena saya, yang tidak pernah upacara sejak kira-kira 7 tahun itu, menjadi pembina upacara. Dan banyak kesalahan yang saya lakukan jadi saya ditertawakan siswa-siswa. Tak apalah, saya pun menertawakan diri saya sendiri. Hehehe....

Kemarin sebelum pramuka dan latihan upacara saya berbincang sedikit dengan pembimbing saya disana. Ia katakan memang setiap sabtu suasana sekolah selalu sepi. Kelas-kelas hanya diisi 1-2 orang siswa. Hal itu mungkin karena orangtua siswa merasa lelah setelah 5 hari bekerja dan inin berlibur. Rata-rata orangtua siswa setiap hari mengantar anak ke SLB sambil berangkat bekerja. Makanya hari sabtu banyak yang malas. Mungkin juga anak-anak itu tidak mau pergi karena mengetahui anggota keluarganya yang lain libur.
Ah, saya pikir, kalau memang itu yang terjadi kenapa mereka tetap harus masuk hari sabtu? Mengapa tidak jam pelajaran mereka sehari-hari ditambah dan hari sabtu mereka bisa libur. Memudahkan orangtua juga kan jadinya.......

Kemarin ketika berbincang dengan dosen pembimbing, saya menanykan salah satu murid yang belum pernah saya temui setelah 2 minggu PLP disana. Pembimbing saya katakan ia memang tidak pernah masuk. Lalu si pembimbing mengajak saya untuk melakukan home visit ke rumah anak itu, untuk mengajaknya kembali bersekolah.
Saya bersemangat sekaliiii!! saya ingin segera melaksanakan home visit ke rumahnyaa..

sudah ah, PLP kemarin tidak seru...dan tidak banyak cerita

hari senin saya praktek mengajar ke-2 di kelas 3 SMP, saya mengajarkan pelajara IPA tentang arus listrik dan pelajaran BINA DIRI tentang membuat minuman. Kegiatan yang akan kami lakukan dikelas adalah membuat jus strawberi...

0 Response to "PLP day 17"

Post a Comment